4 Cara Untuk Mencintai Alam Dengan Sederhana

Bros seharga 5,000 sudah termasuk sedekah seribu? Emang ada? Klik -> http://littlepresent4u.wordpress.com/only-idr-5000/

Kalau beli bros seharga 10,000 sedekahnya jadi 2,000! Wow! Klik -> http://littlepresent4u.wordpress.com/only-idr-10000/

20-Tulip%20Fields,%20Netherland

Ada beragam cara untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada lingkungan. Mungkin, banyak diantara kita merasa bahwa cara untuk menunjukkannya akan sangat sulit, karena harus berbuat sesuatu yang ‘besar’ agar pengaruhnya semakin terasa. Namun, sadarkah kamu bahwa sebenarnya hal yang sederhana pun dapat memberikan efek yang luar biasa? Little Present akan berbagi beberapa tindakan sederhana yang dapat dengan mudah kamu lakukan, sehingga lingkungan yang selalu melindungi kita ini dapat terus terjaga. Let’s check it out!

Gunakan Tissue Secukupnya

Pohon adalah bahan baku kertas dan segala hal yang mirip dengannya, termasuk tissue. Kerusakan hutan di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, jika satu orang diperkirakan menggunakan enam lembar tissue dalam sehari, akan ada 2.200 lembar tissue dalam setahun sehingga Indonesia menghasilkan 44 milyar tissue dalam setahun! Bayangkan saja akan ada berapa banyak pohon yang ditebang dengan sia-sia. Jika kita dapat menghemat satu lembar tissue saja dalam sehari, hal tersebut akan membantu mengurangi sampah tissue sebanyak 7 milyar lembar tissue dalam setahun. Tenang saja, kamu boleh menggunakan tissue secukupnya untuk keperluan dikamar mandi atau saat sedang sakit. Jangan terlalu berlebihan, ya.. :)

Berkebun di Rumah

Kegiatan berkebun memiliki banyak manfaat yang diantaranya adalah melatih kesabaran dan keuletan, menghindarkan diri dari berbagai penyakit mematikan, dan memberikan suasana ceria sekaligus segar. Mulai saja berkebun dari pekarangan rumah sendiri, maka tetangga pun akan melihat dan ikut tergerak. Nantinya akan semakin banyak masyarakat yang ingin berkebun di rumah masing-masing, karena melihat betapa ceria dan segar kebun yang ada di rumah kita. Dengan mulai membiasakan diri untuk berkebun di rumah, akan timbul kesadaran untuk “berkebun“ di lahan yang lebih besar dan menjaganya dengan sepenuh hati. Sebenarnya, berkebun di rumah merupakan langkah penghijauan di lingkungan rumah dan bila kebiasaan itu berlanjut, penghijauan skala besar ataupun menjaga kelestarian lingkungan secara luas pun bukan masalah lagi.

Lebih Baik Tidak Pakai Plastik Saat Belanja

Plastik butuh 1.000 tahun untuk terurai dan saat ini, setiap tahunnya ada 300 juta kantong plastik yang dibuang di Indonesia. Kita harus bisa meminimalisasi hal ini, tetapi bagaimana caranya? Mari lakukan dengan sederhana. Biasakan untuk membawa tas lipat kecil dan jadikan itu sebagai pengganti kantong plastik saat belanja. Saat ini sudah banyak sekali tas-tas kecil dari kain yang dapat dengan mudah dilipat dan dimasukkan ke tas kita. Bahkan, tas lipat kecil tersebut ada juga yang terbuat dari bahan daur ulang. Luar biasa!

Simpan Dulu Sampahmu

“Buanglah sampah pada tempatnya” Tentu kamu sering mendengar saran seperti itu, bahkan pada setiap bungkus makanan dan minuman akan tertera saran tersebut yang seringkali berbentuk gambar. Bagaimana jika saat sampah butuh untuk dibuang dan di sekitar kita tidak ada tempat sampah? Penempatan tempat sampah di area publik masih sangat minim dan hal tersebut membuat para pemilik sampah memilih untuk membuang sampahnya sembarangan. Sebaiknya, simpan dulu sampah kita dan buanglah saat menemukan tempat sampah.

***

Berbagai tindakan sederhana untuk mencintai alam ini benar-benar mudah, bukan? Mari biasakan diri untuk mulai melakukannya, sehingga lingkungan di sekitar kita akan semakin terjaga dan alam pun akan terus lestari. Semua hal positif itu terjadi berkat tindakan sederhana kamu, Dear.. Show your love to the environment!

Inilah kami,

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s